Bintek Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan OPD

 

 

Bimbingan Teknis Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan
Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  Bagi Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK)
dan Petugas Akuntansi OPD Tahun 2019 

 

Pada Tanggal 26 sampai dengan 29 Agutus 2019, bertempat di Aula Lantai 3 BPPKAD Kabupaten Banjarnegara (Gedung B) telah diselenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan OPD. Bintek tersebut dilaksanakan dalam 2 (dua) angkatan yaitu Angkatan I , Tanggal 26 s/d 27 Agustus 2019 dan angkatan II pada Tanggal 28 s/d 29 Agustus 2019, dan masing masing angkatan diikuti oleh 25 OPD.

Bintek yang diikuti oleh Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) dan Petugas Akuntansi OPD tersebut dilatarbelakangi oleh :

  1. Terdapat beberapa PPK dan Petugas Akuntansi OPD yang berpindah tugas atau jabatan dan digantikan oleh PPK dan Petugas Akuntansi yang baru ;
  2. Terdapat beberapa format kertas kerja dalam penyusunan dan penyajian Laporan Keuangan OPD yang sudah direvisi sesuai hasil audit BPK RI , sehingga harus disosialisasikan kepada PPK dan Petugas Akuntansi;
  3. Untuk meningkatkan pemahaman PPK dan Petugas Akuntansi mengenai penyusunan dan penyajian Laporan Keuangan OPD.

Bintek yang dilaksanakan mulai Pukul 09.00 sampai dengan Pukul 16.00 WIB tersebut dibuka oleh Plt Kepala BPPKAD  Bapak Mohamad Iqbal . Materi disampaikan oleh Kabid Akuntansi dan Pengolahan Data, Sri Handono Basuki, Kasi Akuntansi Ibu Puji Rahayu dan Akuntan BPPKAD Dwi Utomo dan Puspita Suryandari. Materi yang disampaikan berupa :

  • Laporan-laporan yang harus disajikan oleh OPD ;
  • Langkah-langkah Penyusunan Laporan Keuangan OPD ;
  • Kertas Kerja yang digunakan dalam Penyusunan Laporan Keuangan OPD ; dan
  • Latihan Penyusunan Laporan Keuangan OPD baik menggunakan alat bantu berupa Kertas Kerja , maupun menggunakan SIMDA Keuangan .

Peserta Bintek yang terbagi dalam 5 (lima ) kelompok untuk tiap tiap angkatan , sangat antusias dalam mengikuti bimbingan teknis terutama yang berupa latihan penyusunan laporan keuangan. Tidak sedikit para PPK yang mencoba untuk melakukan penjurnalan di SIMDA Keuangan dan merupakan pengalaman tersendiri bagi mereka untuk terjun langsung dalam latihan penyusunan Laporan Keuangan .

Bintek yang diawali dengan pretest dan diselingi dengan Lomba Kahoot (menjawab pertanyaan menggunakan android) tersebut mempunyai target yang diharapkan dapat dicapai berupa :

  • Dalam Jangka Pendek (Segera) PPK OPD dibantu Petugas Akuntansi segera menyusun Neraca OPD Semester I Tahun Anggaran  2019 . Neraca disusun berdasarkan saldo awal , transaksi mutasi aset dan belanja modal per 30 Juni 2019 . Kertas Kerja  yang digunakan adalah kertas kerja baru yang disampaikan  pada saat Bintek .
  • Selanjutnya PPK dan Gastan dapat menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan OPD akhir tahun / Per 31 Desember 2019 dengan cepat dan benar sesuai dengan bukti transaksi dan dilampiri dengan dokumen pendukung yang lengkap ;
  • Secara rutin PPK dan Gastan menyampaikan LRA Triwulanan kepada BPPKAD paling lambat tanggal 20 setelah berakhirnya Triwulan Ybs.
  • Untuk Triwulan II (Semester I ) , selain menyusun dan menyajikan LRA, juga menyusun dan menyajikan Neraca ( Per 30 Juni )

 

Leave a Comment