Kunjungan BPKAD Kota Tasikmalaya

Kunjungan BPKAD Kota Tasikmalaya

di BPPKAD Kabupaten Banjarnegara
Selasa , 17 September 2019

 

BPPKAD Kabupaten Banjarnegara beberapa kali kedatangan tamu dari kabupaten lain, untuk bertukar fikiran mengenai pengelolaan keuangan ataupun sekedar menyambung silaturahim antar OPD pengelola keuangan daerah. Pun pada Selasa,          17 September 2019, rombongan dari BPKAD Kota Tasikmalaya berkenan berkunjung  ke Banjarnegara. Rombongan sebelumnya menginap di Surya Yudha Hotel yang merupakan salah satu hotel yang cukup representatif dan biasa disinggahi tamu dari luar Kabupaten Banjarnegara.

Maksud  kunjungan rombongan BPKAD Tasikmalaya yang dipimpin oleh Bapak Jamal, selaku Kepala Bidang Perbendaharaan, adalah ingin memperluas wawasan dan meningkatkan pengetahuan mengenai penerapan Permendagri Nomor 133 Tahun 2018, tentang Penyelesaian Ganti Rugi dan Permendagri Nomor 123 Tahun 2018 tentang Perubahan keempat atas Permendagri 11 Tentang Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang Bersumber dari APBD, serta bertukar fikiran mengenai penatausahaan dana transfer.

Rombongan BPKAD Kota Tasikmalaya yang diterima oleh Ibu Hartati selaku Kabid Perbendaharan , Bapak Aditya Agus Satria serta Bapak Eka Priyanto, Kepala Seksi Anggaran, selanjutnya melakanakan diskusi atau bertukar fikiran mengenai tema di atas , bertempat di Aula Lantai II Gedung A BPPKAD Kabupaten Banjarnegara.

Ada berbagai topik menarik yang didiskusikan dalam pertemuan tersebut, antara lain adalah :

  • Apakah Pemkab Banjarnegara telah membuat Perbup sebagai pelaksanaan Permendagri 133 Tahun 2018 ;
  • Apakah telah dibentuk majelis dan berapa lama masa kerjanya ;
  • Apakah pernah melakukan penghapusan terhadap kerugian dan bagaimana prosesnya;
  • Adakah batasan terhadap kerugian daerah yang dihapus;
  • Bagiamana progress dana transfer khususnya DAK Fisik Tahap I dan persiapan penyaluran transfer Tahap II Tahun 2019;
  • Kendala kendala dalam penatausahaan dana transfer;
  • Apakah Pengelolaan Hibah telah menggunakan sistem;
  • Mekanisme pengelolaan hibah mulai dari pengajuan sampai pencairan;
  • Apakah ada pelatihan tertentu dalam pertanggungjawaban dana hibah;
  • Sanksi apa yang diberikan kepada penerima hibah yang tidak menyampaikan SPJ;

Selanjutnya usai diskusi dan bertukar fikiran, rombongan BPKAD Kota Tasikmalaya berpamitan untuk melanjutkan perjalanan menikmati obyek wisata di Kabupaten Banjarnegara. Ada berbagai obyek wisata di Kabupaten Banjarnegara yang bisa dikunjungi yaitu Obyek Wisata Dataran Tinggi Dieng , Taman Rekreasi Margasatwa Selamanik, Pemandian Air Panas belerang d Qiano, Obyek Wisata Air Surya Yudha, dan bermacam obyek wisata yang tersebar pada Desa Wisata.

Leave a Comment